Objek Wisata Taman Nasional Bunaken


Objek Wisata Taman Nasional Bunaken


 Objek Wisata Taman Nasional Bunaken

 

Pulau Bunaken - Bagi para Traveler mungkin nama Taman Nasional Bunaken sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Namun bagi anda yang belum pernah mendengar atau mengetahui akan destinasi tersebut akan terasa asing. Taman Nasional Bunaken yakni taman laut terpopuler yang terletak di Teluk Manado Sulawesi Utara dengan luas kira - kira 8.08 km persegi. Destinasi wisata ini merupakan satu bagian dari pemkot Manado yang menjadi Ibukota Sulawesi Utara. Di area ini didapati  taman laut yang begitu indah serta terletak di sekitar pulau Manado Tua ( Mantehage dan Siladen ). Untuk menyaksikan situasi bawah laut Bunaken anda mesti menyelam serta bergeriak mengikuti alur ombak yang mengalir.

Pesona alam bawah laut yang begitu mempesona akan dapat anda temui disini. Terdapat kurang lebih 13 jenis terumbu karang yang membumbung terjal vertikal ke bawah antara 25 hingga 50 meter. Anda juga akan dimanjakan dengan panorama yang disajikan dengan kurang lebih 91 spesies ikan yang ada di taman laut tersebut seperti halnya koi putih, gusmini lokal, nila gasi, goropa, serta masih banyak spesies lain, juga banyak dijumpai moluska seperti ikan kepala kambing, nautilus, pompilius, kima raksasa serta tunikates atau askidian.

Tentunya bagi para traveler yang suka scuba diving, lokasi ini tentunya menjadi salah satu lokasi terbaik untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Kurang lebih 20 spot yang bisa digunakan untuk penyelaman, dimana akan memperoleh peluang untuk berenang ke dalam laut dengan disuguhkan bermacam biota laut yang begitu mengagumkan.


Sejarah Wisata Taman Nasional Bunaken

Bunaken dapat terkenal seperti sekarang ini lantaran dengan keelokan akan taman lautnya, wisata ini ditemukan kira - kira tahun 1975, selanjutnya dijadikan salah satu destinasi wisata andalan Sulawesi Utara. Sesungguhnya wilayah bunaken sudah dihuni penduduk sejak tahun 1400, dan penduduk yang paling awal yakni imigran dari kerajaan Bowontehu ( Manado Tua ) serta wilayah yang ditinggali mencakup pulau Bunaken, Mantehage, Siladen, Naen, Talise, Pulau Bangka, Gangga serta daerah pesisir utara semanjung Minahasa.

Sekitar tahun 1850 an, masyarakat yang menghuni Tanjung Parigi berpindah ke wilayah tenggara yang letaknya di ujung serta behadapan dengan kota Manado yang diberi nama " Wunakeng ", kinawungakeng itu sendiri memiliki arti tempat tinggal. Selanjutnya, kata winawunakeng diganti menjadi Bunaken yang merupakan singkatan dari " Pamunakeng " yang artinya tempat berlabuh dari sebuah perahu.


Objek Wisata Taman Nasional Bunaken
Para Penyelam lagi memberi makan pada sekelompok ikan - Taman Nasional Bunaken


Pada awalnya Taman Nasional Bunaken ditemukan oleh sekelompok penyelam dari kota Manado yang mencoba melakukan aktivitas ekspedisi penyelaman di lokasi ini yang dilakukan sekitar tahun 1975. Dan pada waktu penyelaman, nelayan sekitar mengingatkan pada para penyelam tersebut bahwa lokasi yang mereka selami terdapat banyak roh jahat, melainkan para penyelam tersebut tidak menghiraukan dan terus melakukan kegiatan tersebut.

Setelah menelusuri lokasi bawah laut bunaken, para penyelam tadi menjumpai tumbuhan laut di dinding karang yang masih original serta beragam jenis ikan langka, dan yang membuat kagum para penyelam tadi yakni menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sejak itulah Bunaken menjadi lokasi wisata yang begitu mengagumkan di Sulawesi Utara. Sejak tahun 1991 Bunaken sebagai salah satu Taman Nasional di Indonesia serta mulai tahun 2005 Taman Nasional Bunaken termasuk situs warisan dunia setelah didaftarkan ke UNIESCO.


Rute Perjalanan Menuju ke Taman Nasional Bunaken

Untuk menuju lokasi wisata Taman Nasional Bunaken amatlah gampang. Jika anda melakukan perjalanan lewat udara, anda bisa langsung singgah di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi yang ada di kota Manado, dimana bandar udara tersebut menghubungkan dengan kota - kota besar di Indonesia seperti halnya Jakarta, Surabaya, Makasar, Balikpapan serta Denpasar. Selain itu bagi anda yang datang dari luar negeri seperti halnya Malaysia, Singapura, Filipina juga singgah di bandara ini.

Selanjutnya dari Bandara Sam Ratulangi perjalanan anda diteruskan ke kota Manado dengan memakai transportasi taksi, dari kota Manado  ke Pulau Bunaken sendiri melewati pelabuhan yang terdapat di Manado menujua Marine Blue Banter serta Marina Nusantara Diving Center (NDC ) di area kecamatan Molas sekitar 30 menit perjalanan. Selanjutnya untuk menuju lokasi penyelaman kira - kira 10 hingga 15 menit perjalanan dengan mengunakan kapal pesiar.

Selanjutnya untuk urusan tiket masuk ke area wisata Taman Nasional Bunaken, anda dapat mendapatkannya di kota Manado tepatnya di kantor Taman Nasional Bunaken, lain dari itu anda juga dapat mendapatkannya di berbagai konter penjual tiket yang adan di sekitar desa Liang ( Pulau Bunaken.


Peta Lokasi Wisata Taman Nasional Bunaken

 


Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Bunaken

Sebagian besar yaitu snorkeling atau menyelam, supaya dapat merasakan pesona keindahan Bunaken dengan utuh serta jelas, disini terdapat kurang lebih dari 23 spot penyelaman yang dapat anda sambangi. Untuk anda yang ingin melakukan snorkeling gak usah khawatir dan repot untuk membawa peralatan penyelaman, sebab di lokasi ini sudah tersedia banyak penyedia peralatan selam yang bisa anda sewa tentunya dengan harga yang cukup terjangkau yakni 100 ribu untuk seharian full.

Panorama bawah laut Bunaken yang begitu mempesona memang jangan sampai terlewatkan, berbagai jenis terumbu karang yang sangat mengagumkan dengan wujud yang unik membentuk lekukan - lekukan indah yang membuat mata anda tercengang, selain itu keindahan yang dihasilkan dari terowongan - terowongan kecil yang terdapat di bawah laut, menjadikan spot ini sebagai surga bawah laut yang mustahil anda dapatkan di lokasi lain. Mengenai lokasi penyelaman terbaik yang masih berada di sekitar Bunaken serta Manado Tua sebagai berikut :

1. Bunaken Timor

Bunaken Timor yakni salah satu tempat snorkeling yang dianjurkan, namun mesti anda ingat lokasi ini mempunyai arus bawah yang kuat. Anda akan banyak sekali menjumpai spesies ikan yang hidup di area ini. Lain daripada itu berbagai jenis terumbu karang juga menghiasi daya tarik bawah lautnya meskipun tidak sebagus yang lainnya. Namun anda dapat menyaksikan habitat pari elang, hiu, penyu serta beragam ikan besar yang berenang kesana kemari.


2. Mandolin

Mandolin yakni sebuah taman laut yang mempunyai dinding dan ujung karang yang dihuni oleh ribuan ikan yang hidup berkoloni seperti halnya unicorfish serta ikan penembak. Ikan - ikan di lokasi sini sangat jinak menjadikan mudah sekali untuk di dekati.

3. Muka Gereja

Sama halnya dengan lokasi snorkeling pada umumnya, muka gereja yakni sebuah lokasi yang sangat indah dan sayang untuk anda lewati, disini terdapat ribuan ikan yang ada di perairan dangkal dan palung - palung yang terhampar ke dinding - dinding laut.

4. Puncak Barakuda

Puncak barakuda yakni salah satu lokasi snorkeling paling jauh yang ada di barat lautan Bunaken. Di lokasi ini anda akan menjumpai sekelompok barakuda yang berukuran besar berenang di tengah ikan tuna dan ikan jack. Maka dari itu lokasi ini dinamakan dengan puncak barakuda.

5. Reruntuhan Kapal di Manado

Lokasi berikutnya yakni puing puing kapal di Manado, kapal panjang yang memiliki ukuran 50 meter berada di dasar laut dengan kedalaman 78 kaki atau sama dengan 23 meter. Ceritanya kapal ini dulunya merupakan kapal pedagang jerman yang karam sekitar tahun 1942 di dekat pantai Molas. Kapal ini terbagi di bagian tengahnya tentunya dapat menunjukan bagian ruang kemudi serta bagian kargonya. Di lokasi ini jarak pandang pun terbilang cukup dekat yakni 10 hingga 15 meter.

6. Siladen

Tempat ini memiliki dinding - dinding karang yang lembut serta membentuk panorama yang sangat indah serta akan terkesan hidup saat arus datang. Beragam jenis ikan dan scooling snappers akan tampak terlihat pada area yang dangkal tentunya menujukan akan keelokan lokasi tersebut.

7. Tanjung Kopi

Tanjung kopi merupakan sebuah tembok kecil yang juga bisa dihuni oleh sekelomppok ikan barakuda serta ikan sweetlip, di lokasi ini jarak pandang pun tergolong kurang baik, akan tetapi yang menjadikan tempat ini menarik yakni banyaknya ikan yang bisa diamati. Salah satunya contoh spesies ikan Nudibranch serta ikan Gobi.

8. Tembok Lekukan ( I,II,III )

Tempat ini terbagi menjadi tiga lokasi yakni I, II, III. Ketiganya mempunyai sebuah taman laut yang dapat dikatakan terbaik dari tempat - tempat lain di Bonaken. Tembok lekukan mempunyai dinding yang terjal serta lorong - lorong yang dalam, gak cuma itu saja disini anda akan menjumpai kipas angin laut serta spons raksasa. Kemudian berbagai lokasi yang dangkal yang dihuni dengan ikan kakak tua besar yang berkoloni serta penyu yang hidup di area ini.


Objek Wisata Taman Nasional Bunaken
Penyu - Taman Nasional Bunaken


Selain dari wisata lautan, anda juga dapat menikmati wisata suku Bajo yang tinggal disini. Untuk anda yang menyukai burung cagar alam Tangkoko Dua Saudara Nature dapat dijadikan tujuan wisata berikutnya di Bunaken.

Tips Berwisata ke Taman Nasional Bunaken

Berwisata ke Taman Nasional Bunaken tentu begitu menarik, namun jika anda belum pernah berkunjung kesana tentunya mempunyai tips - tips yang dapat menyaksikan keelokan alamnya. Berikut ini tips yang dapat anda perhatikan bilamana hendak berkunjung kesana.

1. Pilih Bulan Kunjungan Anda pada Bulan Mei - Agustus

Mengapa mesti bulan Mei - Agustus ? sebab pada bulan - bulan tersebut situasi air di sekitar kepulauan Bunaken sangat jernih serta suhunya cukup hangat, tentunya sangat mendukung sekali untuk aktivitas penyelaman karena jarak pandang bisa menjadi maksimal.

2. Rencanakan Liburan Anda Jauh - Jauh Hari

Pada umumnya wisatawan yang datang ke Bunaken memang memilih bulan mei - agustus, hal ini menimbulkan banyak operator serta resort yang sudah menampung wisatawan masuk lagi, disebabkan pemesanan sudah penuh dari jauh - jauh hari memesan akomodasi serta pelengkapan.

3. Bawalah Uang Tunai

Bagi para pengunjung sangat dianjurkan untuk membawa uang tunai, hal tersebut agar dapat mepergampang jika anda akan bertransaksi seperti halnya sewa peralatan selam, foto bawah laut dan lain sebagainya, karena kebanyakan masih belum menerima jenis pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit.

4. Jagalah Kebersihan Lingkungan

Wisata Taman Nasional Bunaken yakni tempat wisata yang mesti dilestarikan, keadaan  tersebut dapat tercipta jika kita minimal dapat menjaga kepersihan lingkungan. Disini anda akan menjumpai papan - papan yang bertuliskan menyerukan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Demikian ulasan tentang keindahan Objek Wisata Taman Nasional Bunaken. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang bermanfaat untuk anda yang hendak berkunjung serta menikmati keindahan alamnya secara langsung. Terima kasih.

Advertisements