10 Tempat Wisata Di Garut Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Garut - Garut yakni sebuah kabupaten yang terletak di  Jawa Barat yang dibatasi
oleh lima gunung tentunya membuat sebagian besar wilayah garut merupakan daerah pegunungan, kecuali di sekitar kawasan pantai yang berada di selatan Garut. Dengan keadaan geografis yang seperti itu, sudah barang tentu Garut mempunyai banyak destinasi wisata yang memikat dan banyak didatangi para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Ingin tahu tempat wisata di garut yang paling populer ? untuk itu ayo kita simak ulasan berikut ini.

10 Tempat Wisata Di Garut Yang Wajib Anda Kunjungi 


1. Situ Bagendit


Tempat Wisata Di Garut
Para pengunjung menaiki perahu rakit khas Situ Bagendit

Situ Bagendit yakni sebuah danau yang berada di Kecamatan Banyuresmi. Situ Bagendit merupakan destinasi wisata danau yang paling terkenal di Garut lantaran kualitas lingkungannya yang dalam keadaan keadaan baik serta kebersihannya yang selalu terjaga. Aktivitas wisata yang bisa anda nikmati di lokasi ini yaitu menikmati panorama indah dengan udara sejuk, bermain perahu serta sepeda air, naik rakit khas dari objek wisata ini, mancing, hingga bermain dan berenang di kolam. 

2. Pantai Santolo


Tempat Wisata Di Garut
Pesona Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, Pantai ini yakni sebuah destinasi wisata di Garut yang paling populer. Pantai Santolo terletak di 88 km selatan pusat kota Garut yang yakni destinasi wisata unggulan yang banyak dikunjungi khususnya warga Bandung. Daya tarik serta kelebihan yang dipunyai pantai ini adalah panorama yang indah, keheningan yang disuguhkan serta fasilitas penujang wisata yang lumayan lengkap.

3. Pantai Ranca Buaya


Tempat Wisata Di Garut
Deretan perahu nelayan - Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya yakni salah satu destinasi wisata di Garut yang cukup terkenal. Ciri khas pantai Rancabuaya yaitu ombaknya yang cukup besar dikarenakan berbatasan dengan Samudera Hindia, serta batu karangnya yang banyak dan juga besar. Kedua hal tersebut menjadikan beragam ikan terperangkap di antara batu karang, lumayan unik untuk dilihat. Kelebihan lain dari Pantai Rancabuaya yakni terdapat sebuah air terjun yang langsung menghadap ke lautan.

4. Pantai Cijeruk Indah


Tempat Wisata Di Garut
Pesona alam Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah yang berada di Desa Segara termasuk pantai yang indah serta patut untuk dikunjungi. Kelebihan dari pantai Cijeruk Indah yakni pantai ini tidak terlalu ramai, bersih, natural serta mempunyai air yang begitu jernih. Saat perjalanan menuju Pantai Cijeruk Indah, anda akan disajikan panorama indah yakni sebuah perkebunan karet yang tertata rapi, komplit dengan satwa ternak seperti halnya sapi yang digembalakan di perkebunan karet tersebut.

5. Pantai Karang Paranje


Tempat Wisata Di Garut
Panorama Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Cibalong, Garut. Pantai Karang Paranje mempunyai keunikan berupa adanya gugusan karang di sepantai pantainya. Di pantai yang mempunyai luas kira - kira 9 hectare ini anda bisa menikmati panorama matahari terbenam ( sunset ) yang begitu mempesona. Lantaran belum tersentuh oleh pembangunan, pantai Karang Paranje memiliki tingkat kebisingan yang rendah, pemandangan yang luas, tanpa ada pencemaran, lingkungan yang asri serta suasana yang tenang dan nyaman.

6. Pantai Puncak Guha

Tempat Wisata Di Garut
Keindahan Panorama pantai dari atas tebing

Pantai Puncak Guha berada di Garut selatan yakni sebuah destinasi wisata di Garut yang tidak ada pedagang yang bisa mengganggu panorama alam. Pantai Puncak Guha menyuguhkan keindahan panorama pantai yang disaksikan dari atas tebing. Tepat di bawah tebing dapat anda jumpai atau menyaksikan ratusan kelelawar. Bilamana anda hendak berkunjung ke Pantai Puncak Guha, bawalah perbekalan makanan serta minuman yang cukup sebab masih jarang terdapat pedagang.

7. Curug Orok


Tempat Wisata Di Garut
Curug Orok

Destinasi wisata di Garut yang berkaitan dengan air tidak hanya pantai saja, melainkan di Garut ada juga wisata air terjun ( Curug Orok ). Curug istilah dari bahasa sunda dari air terjun. Curug Orok berlokasi di Desa Cikandang, Curug Orok yaitu destinasi wisata air terjun di garut yang paling populer. Nama Curug Orok bermula dari cerita masyarakat Garut yang menyebutkan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut. Curug Orok mempunyai ketinggian kira - kira 45 meter serta dikunjungi wisatawan dari kota Garut, Bogor, Bandung serta jakarta. Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini cukup merogoh kocek yang lumayan terjangkau yakni Rp. 10.000/orang.

8. Air Panas Cipanas


Tempat Wisata Di Garut
Pemandian Cipanas

Cipanas yakni nama daerah di Garut yang populer dengan permainan air panas alaminya. Air panas Cipanas berada kira - kira 6 km dari pusat kota Garut serta 50 km dari kota Bandung. Dalam perjalanan menuju air panas Cipanas, anda akan melintasi pegunungan serta sawah yang hijau membentang dengan indah. Air panas banyak didatangi wisatawan yang menginap ataupun untuk sekedar beristirahat sejenak. Setiap harinya air panas Cipanas mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, lain daripada itu fasilitas penunjang di daerah ini juga begitu lengkap untuk kegiatan wisata.

9. Gunung Papandayan


Tempat Wisata Di Garut
Hamparan tenda para pendaki

Destinasi wisata di Garut tidak hanya menyajikan dengan keindahan alam berupa pantai atau air terjun, bahkan dapat menyajikan keindahan alam pegunungan. Gunung Papandayan yakni merupakan gunung berapi yang cukup terkenal bagi masyarakat Jawa Barat, terutama Garut dan Garut. Berada di Kecamatan Cisurupan. Gunung Papandayan cuma berjarak 70 km dari kota Bandung niscaya banyak warga Bandung yang pergi untuk berwisata ke Gunung Papandayan. Daya tarik utama dari Gunung Papandayan yaitu kawah dan air panas yang diyakini bisi menyembuhkan bermacam jenis penyakit, ( khususnya penyakit kulit ). Selain itu banyak pecinta alam yang datang untuk mendaki Gunung Papandayan untuk menikmati keindahan panorama matahari terbit ( sunrise ). Bilamana anda hendak mendaki Gunung Papandayan, jangan lupa untuk membawa baju hangat atau jaket sebab udara di puncak gunung ini sangat dingin.

10. Candi Cangkuang


Tempat Wisata Di Garut
Situs Candi Cangkuang

Di Garut ternyata menyimpan peninggalan sejarah diantaranya Candi Cangkuang. Candi ini terletak di Kecamatan Leles yakni merupakan sebuah destinasi wisata di Garut yang sering dikunjungi wisatawan dari Garut, Jakarta, Bandung, Bogor, hingga Cirebon. Candi Cangkuang merupakan candi hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk bisa sampai ke Candi Cangkuang, anda mesti menaiki rakit untuk menyebrangi terlebih dahulu dengan biaya 2000 rupiah.

Demikian ulasan di atas tentang Tempat wisata di Garut yang bisa kami sampaikan. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang bermanfaat serta dapat dijadikan panduan jika anda hendak berkunjung ke kota Garut. Terima kasih.

Advertisements